Sunday, November 7, 2010

pelapisan sosial dan persamaan derajat.

pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pelapisan sosial dan persamaan derajat.

   Pelapisan sosial di indonesia, dapat dibagi menjadi tiga bagian. antara lain :

  • Bawah
  • Menengah, dan
  • Atas 
   Tiga pelapisan sosial ini memang sudah ada jauh - jauh sebelum indonesia merdeka. namun perbedaannya terlihat amat nyata. dan terlihat sanagat jelas terpampang disini. tentu hal ini akan selalu ada.
persamaan derajat sangat sulit dilihat dari konsepnyaorang - orang yang berada pada kalangan atastidak pernah peduli dengan kesulitan orang - orang yang berada di kalangan bawah. dan orang - orang yang berada di kalangan bawah, mereka merasa adanya ke tidak adilan yang terus menerus menjadi milik mereka, sedangkan orang - orang yang berada di kalangan menengah, mereka tidak ada keterlibatan, dan merekapun tidak pernah dan tidak mau mengambil pusing dengan dua lapisan yang lainnya tersebut.

   menurut pendapat Pitirim A. Sorokin, yang dimaksud dengan pelapisan sosial ialah, perbedaan penduduk atau masyarakat kedalam kelas - kelas secara bertingkat atau hirarkis. hal tersebut dapat kita ketahui adanya kelas - kelas tinggi dan adanya kelas - kelas yang lebih rendah dalam masyarakat.

  seseorang yang berada di kelas tinggi pun mempunya hak - hak yang sangat istimewa, berbanding dengan mereka yang berada di kelas rendah. lapisan sosial pun merupakan gejala yang bersifat universal. kapan saja dan dalam masyarakat mana saja, lapisan sosial pasti akan selalu ada. mengapa seseorang yang berada pada kelas tertinggi selalu mendapatkan hak yang istimewa? karena uang, mata dan telinga hukum dapat di bungkam.

begitulah fakta yang terlihat . . .


Terima Kasih .

•ZIP•

No comments:

Post a Comment